Retail Oil, Next Retail Competition

24 03 2009

…dibutuhkan Account Executive Retail Per……, demikian sebuah kalimat lowongan pekerjaan yang ada disebuah perusahaan explorasi minyak di Negara kita.
Minyak…..
Kondisi harga minyak dunia beberapa waktu lalu mengalami naik dan turun yang berimbas harga minyak didalam negeri. Sekali waktu harga naik sehingga seakan-akan menjerat leher pemakainya, namun terakhir harga mniyak sangat melegakan turun hingga di bawah $ 50/barel.

Hampir semua negera tergantung dengan bahan bakar ini, bahkan Negara kita mengkonsumsi 76 jt/barrel Per tahun (2008). Jumlah yang besar untuk pasar minyak dunia, walaupun jumlah ini masih sangat kalah jauh dengan pasar di negara Amerika (kabarnya mencapai 1/4 kebutuhan dunia)
Kebutuhan minyak yang sedemikian besar, tentu akan menjadi market yang bagus bagi industri minyak tanah air. Banyak perusahaan dalam negeri mengkonsumsi berbagai bahan bakar yang dihasilkan dari emas hitam ini, belum termasuk kebutuhan konsumsi perseorangan.

Kompetisi !!
Beberapa waktu yang lalu pemerintah telah membuka kran untuk pemenuhan kebutuhan pasar dalam negeri akan ketergantungan minyak. Banyak perusahaan asing ikut mengais kue, mengadu nasib memenuhi kebutuhan minyak tanah air kita. Petronas, Shell merupakan operator minyak yang telah berpengalaman di dunia ikut serta memasarkan minyak ditanah air.

Kompetisi sudah dimulai, kalau dulu orang mau beli minyak Cuma punya satu pilihan tentu dengan masuknya opertaor tersebut akan bertambah persaingan minyak ditanah air. Setelah kita merasakan hasil kompetisi consumer good, Perbankan, Telekomunikasi harapannya kompetisi perminyakan ditanah air juga akan memanjakan konsumennya.

Ddibidang telekomunikasi misalnya, setelah perang tarif, obral HP dan juga layanan jemput bolanya, tentu kompetisi ini sangat menguntungkan pelanggan di tanah air. Semoga saja akan ada perang harga minyak, atau mungkin saja harga minyak akan benar-benar bergantung harga pasar, setiap produsen akan bebas menentukan harga minyaknya sendiri.

Kompetisi tentunya akan memberikan dampak lain, mengingat SDM dibidang ini masih sangat sedikit. Jadi siap-siap aja untuk yang benar-benar expert untuk dipinang menjadi ahli pemasaran retail nya seperti yang ada dalam iklan lowongan diatas.

Salam Hebat !!
Maret 2009


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: