Memenangkan Kota….(itu biasa)

27 05 2008

Mapping area, mungkin kita kan banyak dengar dari orang yang berada dibisnis distribusi. Dengan adanya mapping area kita pasti akan mengetahui berapa besar target yang akan kita raih dari estimasi-estimasi yang dibuat. Kejelian melihat market melalui hasil mapping tentu akan menentukan strategi kita dalam mencapai target setiap area.

Kompetisi memang membuat semua pelaku bisnis distribusi harus lebih cerdik, strategi khusus diperlukan untuk memenangkan persaingan. Di beberapa perusahaan distribusi bahkan sampai diatur sedemikian rupa hingga semua outlet yang menjadi marketnya selalu terkunjungi. Bahkan setting perilaku salesman nya juga diatur, senin sampai dengan sabtu sudah pasti rute yang harus ditempuh.

Secara garis besar beberapa perusahaan distribusi menganut sistem ini, kecuali distribusi yang ke end user langsung. Banyak perusahaan menganut system ini, mulai Customer Good hingga Telekomunikasi juga menerapkan hal yang sama.

Terlepas dari semua strategi untuk menjadi pemenang, ada sebuah Aksi yang menarik dari sebuah perusahaan yang sampai menuliskannya dalam baju karyawannya. Never Give Up…Memenangkan Kota, artinya kota tetap menjadi primadona untuk mencetak angka penjualan paling tinggi.

Dari pengalaman perusahaan pertama saya, kota memegang 40% sumber pencapaian target (bahkan pernah 50%) dan 60% menyebar di kota-kota kecil lainnya. Kalau kita break down lagi, di kota kecil nanti juga akan memegang 40% omzet, 60% sisanya di bagi dikota kecamatan dan seterusnya.

Aksi yang menarik, jadi siapapun pelaku distribusi pasti punya strategi khusus untuk kota-kota utamanya. Kota menjadi pusat kemenangan, walapun kondisi ini juga bisa dibalik 60% dikota kecil yang dijadikan center point namun usaha yang dikeluarkan pasti juga akan lebih gede, biaya operasional yang besar.

Memenangkan Kota, mungkin tidak selalu menjadi target utama diperusahaan tertentu namun harus diakui strategi memenangkan kota paling terbukti ampuh untuk menarik minat konsumen di kota kecil lainnya. Jadi strategi ini selalu dipilih untuk test pasar.

…atau anda mau berbeda ?

Salam Hebat !!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: