PENOLAKAN; Karena Menganggu Zona Kenyamanan

19 04 2008

…Mohon maaf ya mas, kebetulan saat ini mau ngurusi masuk sekolah anak dulu….atau yang normatife..OK, terima kasih atas penjelasannya nanti mungkin kalau sudah ada yang berminat akan menghubungi..inikan nomornya mas (sambil seperti seolah-olah memperhatikan/mencatat nomer HP kita)…..

Seorang salesman hebat dimanapun pasti pernah mengalami hal tersebut diatas. Dan tidak sedikit yang kemudian salesman yang mengalami kejadian itu harus membanting haluan untuk meneruskan profesi sales mereka. Dan bahkan dalam setiap kesempatan interview mereka kalau boleh memilih selalu berharap bukan melamar untuk menjadi salesman, sayangnya mereka tidak bias memilih.

Penolakan, mungkin sebenarnya musuh terberat seorang salesman. Seorang salesman yang dalam 3 hari aja tidak mendapatkan order, karena seringnya penolakan pasti akan menjadi kurang termotivasi dan akhirnya terserang penyakit “muntaber” (sedikit meminjam istilah yang dipakai bisnis MLM) alias Mundur Tanpa Berita.

Penolakan, masih akan sering terjadi namun setidaknya kita harus belajar untuk tidak mengulang kejadian yang sama. Beberapa hal yang melatar belakangi kenapa mereka menolak penawaran kita:

Kurang Informasi, Bisa saja informasi yang kita jelaskan belum menyentuh apa yang mereka inginkan. Banyak kejadian pada presentasi awal, salesman memaksa untuk closing namun tidak memperhatikan banyak hal yang mereka inginkan. Presentasi awal adalah jalan untuk menemukan follow up berikutnya, apalagi kalau produk yang kita tawarkan adalah produk yang bersifat spesifik.

Terganggu Zona Kenyamanannya, seorang yang sudah mindet banget dengar produk yang selama ini dia pakai, tentu akan cenderung mempertahankan (memuji) produk yang dia pakai. Semakin kita menekan untuk membeli produk kita, bisa-bisa kita akan diajak main taruhan tentang kualitas produk dengan emosional.

Seseorang yang sudah sangat loyal sebagai pemakai salah satu produk competitor tentu diperlukan strategi khusus untuk menarik minat mereka. Terlebih produk kita adalah produk baru yang baru launching, diperlukan banyak data pendukung dan waktu yang relatife lebih untuk memberikan informasi yang sangat lengkap.

Namun kita harus tetap optimis dan tetap melakukan improvisasi dalam melakukan pendekatan, terkadang ikut naik, standar, atau turun sedikit untuk kemudian membuat manuver ( kayak mau perang aja ya…). Pasti deh mereka masih bisa kok berubah arah setelah mendapat penjelasan kita (tentunya dengan follow up, diskusi dengan antusias).

Salam Hebat !!


Aksi

Information

4 responses

13 05 2008
mataharicinta

salam kenal pak

btw, mau nanya nih pak.
punya strategi gak mengclosingkan penjualan di investasi forex?

22 12 2008
Anthony Harman

postingan bagus, pak. Minta izin publikasi ulang yah

28 01 2009
Andre

setuju pak..artikel yang luar biasa…:)

19 01 2013
detroit emergency preparedness

Hi to all, since I am actually eager of reading this webpage’s post to be updated on a regular basis. It includes fastidious data.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: