OPERATOR : Perang Tarif Seluler Vs New Market Telekomunikasi

11 03 2008

Jangan Salah Pilih…..Jujur Tidak menjebak….tarif Rp 0,1/dtk……Tarif Rp 0,000000..1/dtk….Tarif Rp 1/Mnt….bahkan Tarif Gratis sesama…atau…Tarif 1/Mnt atau Rp 50/Mnt terima telpon.

Mungkin masih banyak lagi jargon yang kita temui dalam perang tarif operator akhir2 ini, hampir tiap saat iklan berseliweran dilayar kaca kita bahkan sampai ada yang sampai jatuh dari genteng atau ketinggalan bus. Dan mungkin beberapa waktu lalu masih kita ingat kompetisi dari salah satu CDMA tanah air yang memunculkan “bendera” pesaing dengan kritik kelemahan dan akhirnya sempat dapat kritik balik dari operator.

Perang tarif sangat menguntungkan masyarakat, operator sendiri lagi mencari predikat label yang termurah, terhemat, tercanggih dll. Sayang terkadang informasinya memang belum lengkap, sehingga terkesan kurang transparan. Sehingga menuntut konsumen telekomunikasi untuk sangat jeli dengan kondisi ini.

Sedikit keluar dari “Paradigma perang tarif” yang sudah terlanjur membumi, seorang pakar marketing menyarankan untuk melakukan pelebaran area jangkauan biarlah di Jawa perang tarif tapi di luar untuk create revenue, Melakukan program CRM yang baik untuk menjaga loyalitas pelanggan dll.

Beberapa hari yang lalu sempat sedikit diskusi dengan pelanggan (…untuk menyebut, otot2an siapa operator yang paling murah), ada celetuk seorang pelanggan yang ikut nimbrung dengan menyebut oprator yang paling murah adalah F…(maaf: bukan promosi) artinya “kawan”, sehingga dengan HP”Kawan” maka KITA tidak akan kehilangan pulsa sama sekali kemana pun, jam berapapun, lokal atau interlokal.yah…..ada ada aja.

Namun dari situ sebenarnya ditemukan market baru yang berarti diuntungkan dengan program perang tarif operator. Market baru itu adalah mereka yang memposisikan HP sebagai HP stand by aja, bukan mereka yang aktif ngobrol. Yang penting bisa untuk menerima, jangkauan bagus, tarif SMS Hemat (karena dia akan SMS kira2 spt ini, “tolong telpon aku ya kan tarifmu Rp 0,00000…1/dtk kepadaku”). HP sebagai operasional, gak usah terlalu bagus mungkin sudah polyponic, bisa getar, tipis dan dibawa keluar kotapun bisa. Menu TV, Radio, Mp3 dan sebagainya tidak begitu diperlukan.yang penting…..dll

Sederhana, Murah, dan mempunyai budget terbatas kalau bisa isi pulsa Rp 5000 bisa dipakai 3 bulan. Ternyata New Market ini sangat besar, dan rata2 mereka masih mau belajar operasional HP namun siapa kini yang mengerjakan……..??
Ada saran dari seorang rekan agar sukses mengerjakan market ini: Sediakan HP yang murah tapi awet & bergaransi dan dibundling dengan harga Rp 100.000 an sudah lengkap Perdana, Pulsa, dan jangan lupa PPN 10% nya juga.

Salam Hebat !!
Maret 2008


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: