Kompetisi Bisnis Telekomunikasi

3 04 2007

Bisnis telekomunikasi indonesia akan terus berkembang, sebuah sumber dari salah satu  operator di tanah air mengatakan bahwa tingkat penetrasi pasar telekomunikasi masih 25% per 2006. Hal ini merupakan peluang bagi industri telekomunikasi mulai dari Hulu sampai hilir, beberapa tahun lalu mungkin  masih teringat dalam benak kita tentang maraknya usaha Wartel yang saat itu monopoli TELKOM masih dominan.

Tahun 2007 adalah ujian bagi semua operator telekomunikasi, Telkomsel, Indosat, XL mungkin sudah lebih dulu meninggalkan yang lain, pesaingnya, namun hal itu seharusnya tidak membuat mereka bertepuk dada, pasar telekomunikasi masih FREE 75%  artinya mungkin suatu saat mereka bisa jadi yang paling kecil, sekedar mengingatkan saja  kisah Metrosel.  Banyak operator baru bermunculan, dan tentu saja mengusung teknologi dan tarif yang bervariasi bahkan terkesan banting harga.

Kecenderungan penurunan tarif sebuah resiko yang harus diambil, belum lagi teknologi  CDMA yang menurut informasi mempunyai biaya operasional lebih kecil dan kemampuan BTS yang lebih besar, tentu ini akan menekan biaya yang di kenakan kepada pelanggannya.

Persaingan tidak bisa dihindarkan, di tingkat pengecer Counter HP menjamur seperti  layaknya jamur yang tumbuh dimusim penghujan, bahkan penjual pulsa sampai ada istilah  penjual pulsa keliling. Semua kecamatan sudah terdapat distributor, pembeli tidak perlu lagi  harus datang ke kota.  Kompetisi di tingkat Agen Distributor agen marketing mungkin sudah semakin seimbang, lihat saja Counter HP hari ini ber cat KUNING, mungkin lusa sudah bercat MERAH/BIRU atau sebaliknya. Bahkan ada yang sampai berani mengontrak sebuah konter untuk  ditempeli info produknya dengan biaya 100 Rb / Pamfletnya, hebat,  sebuah kompetisi yang ketat.

Sebuah berita dimajalah indonesia, memberitakan bahwa telekomunikasi tengah kekurangan  tenaga profesional, akibatnya bajak membajak adalah hal yang dihalalkan,  dari Telkomsel ke Bakrie  ESIA(erij Meijer), dari Indosat ke SInar mas Telekom,  dari Indosat ke XL (hasnul s),  tidak saja level GM tap sampai level STAFF.  Di tengah ketatnya kompetisi, selayaknya memang  operator mempunyai punggawa  yang mumpuni tidak coba-coba maka “membajak karyawan”  adalah alternatif yang diambil.  Bahkan tidak hanya terjadi diindonesia saja,  konon mereka  membajak juga “ekpatriat” profesional dari negara tetangga.

Berikut informasi operator pendatang baru di indonesia :
1. Sinarmas Telekom, Teknologi CDMA. Informasi profile perusahaan www.wireless.co.id, untuk lamaran bisa ke recruitmen@wireless.co.id, 2. Sampoerna Telekom,  informasi profile perusahaan www.sampoernatelekom.co.id, untuk lamaran www.recruitmen@sampoernatelekom.co.id
3. Hutchitson Telekom, www.three.co.id untuk melamar di Lowongan kerja di hutchitson indonesia/

Kompetisi tidak bisa di hindari hanya kepada mereka yang siap saja keberuntungan dan  kesuksesan itu akan datang, pelayanan yang prima dan kerjasama yang erat dengan  semua mitra-mitra tentu akan menjadi kekuatan untukmenghadapi kompetisi ini,

sudahkah itu dilakukan oleh operator telekomunikasi kita ?


Aksi

Information

12 responses

4 04 2007
clukindahose

setidaknya udah ada perubahan mas.. biar waktu yang menjawab.. peace.. blogwalking

5 04 2007
abudiarso

Betul mas, semua sudah berubah monopoli tidak bisa lagi, kompetisi,kompetisi dan kompetisi. Siapapun yang mampu memberikan pelayanan/service yang lebih serta memuaskan pasti akan dipilih oleh masyarakat, saatnya masyarakat yang diuntungkan.salam kenal mas .thanks

18 04 2007
Dhani HP

berjuang..terus memberikan kepuasan kepada costumer, kerena BOS sesungguhnya adalah costumer..Win-Win solution, kepuasan costumer memberikan banyak keuntungna untuk perusahaan kita..

23 10 2007
Ismail-A-R

Anda ngasih infonya nggak bener, Kacau deh, aku tahu maksudnya…. biar dikunjungi pengguna google dengan kata pencarian berkaitan dengan hal dibawah ini:
Kalu ini untuk sarana pemasaran anda… fuih……………….business ethic nya nggak ada……………………..

Berikut informasi operator pendatang baru di indonesia :
1. Sinarmas Telekom, Teknologi CDMA. Informasi profile perusahaan http://www.wireless.co.id, untuk lamaran bisa ke recruitmen@wireless.co.id, 2. Sampoerna Telekom, informasi profile perusahaan http://www.sampoernatelekom.co.id, untuk lamaran http://www.recruitmen@sampoernatelekom.co.id
3. Hutchitson Telekom, http://www.three.co.id untuk melamar di Lowongan kerja di hutchitson indonesia/

29 10 2007
abudiarso

@ Ismail -A-R
Terima kasih koreksinya, memang sedikit agak lama sih tulisan ini sebelum telekomunikasi booming sperti saat ini. mungkin ada yang sudah berubah website, untuk rekan pembaca yang tahu web terbarunya mungkin saya dapat dikasih “bocorannya” thanks

15 12 2007
entong

kasih bocoran dong… kapan kota padang dimasukin ama operator pendatang baru ne

15 12 2007
embun

kasih tau dong alamat kantor 3 di Padang dan yang lainnya soalnya aq pengen berkarya di operator

28 07 2008
wiki aha

mati selah ang seluruhnyo

28 07 2008
wiki aha

indak makan lah ang sadonyo.setan

6 11 2008
indonesiaku..

maksud dari pasar telekomunikasi FREE 75 % apa ya?

3 12 2008
Iwan Gunawan

SURAT PERKENALAN

A. PENDAHULUAN

Spesifikasi pemahaman tentang system pemasaran produk-produk yang bapak / ibu punya mungkin sudah mencapai target.
Dengan memperkenalkannya diri kami sebagi perusahaan event organizing kemungkinan besar produk yang bapak / ibu miliki akan lebih mencapai target yang lebih sempurna, oleh karena itu besar harapan kami agar bapak dan ibu untuk menjadikan perusahaan kami sebagai rekanan kerja, untuk memasarkan produk-produk yang bapak ibu miliki.

▼VISI
Mengedepankan pemasaran produk-produk untuk mencapai target yang lebih sempurna.

▼ MISI

Misi perusahaan kami dalam memasarkan produk-produk adalah :

1. Agar produk-produk dapat dikenal luas oleh masyarakat.
2. Agar produk-produk dapat bersaing sehat dengan produk lain.
3. Agar produk-produk diminati oleh masyarakat luas.
4. Menjadikan produk-produk yang bapak / ibu miliki digunakan masyarakat dengan bangga .
5. Memberikan nuansa yang lebih baik dari produk lain.
6. memberikan kelonggaran bagi pemasaran agar mudah menjual produk dengan banyaknya permintaan barang.

▼Tujuan

Tujuan dari perusahaan kami adalah :
1. Menunjukan kemampuan perusahaan kami yang bergerak di bidang Event Organizing.
2. Agar produk-produk yang bapak ibu miliki memiliki kelebihan dari produk yang lain.
3. Agar persaingan bebas dalam memasarkan produk dapat tertanggulangi dengan baik.
4. memberikan peluang kepada perusahaan kami untuk mengurangi penganguran.
5. Sebagai penyedia sarana yang lebih efektif dalam mengembangkan produk-produk yang baru di luncurkan.

B. RUANG LINGKUP LAYANAN

Ruang lingkup yang ditawarkan oleh team Event Organizing kami adalah :
1. Counter / Distributor ( Seluruh Indonesia )
2. Mahasiswa ( Seluruh Indonesia )
3. Pelajar ( Seluruh Indonesia )
4. Mall ( Seluruh Indonesia )
5. Apartemen ( Seluruh Indonesia )
6. Instansi pemerintahan ( Seluruh Indonesia )
7. Hotel ( Seluruh Indonesia )
8. Kompleks / Perumahan ( Seluruh Indonesia )
9. Dll

Demikianlah proposal yang kami tawarkan untuk selanjutnya di bicarakan dengan tatap muka dalam permasalahan sisitem event yang akan di selenggarakan oleh kedua belah pihak.
Besar harapan kami untuk bekerja sama untuk memasarkan produk-produk yang bapak / ibu miliki.
Atas perhatian bapak / ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

Iwan Gunawan
Divisi Prodution

PT. Optimus Media
Jl. Pemuda M 10
Rawamangun
Jakarta Timur
Indonesia
Tel ( 021 ) 47865544
Fax ( 021 ) 4892106
Hp ( 021 ) 99180265

25 09 2015
Cara

It’s awesome to pay a visit this web site and reading the views of all mates concerning this
paragraph, while I am also eager of getting experience.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: